Pengumuman Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2021

Pengumuman Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2021

PENGUMUMAN

NOMOR 893/UNISNU/VII/2021

TENTANG

PENDAFTARAN KARTU INDONESIA PINTAR KULIAH TAHUN 2021


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Disampaikan dengan hormat bahwa berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (Unisnu Jepara) Nomor 62/SK/UNISNU/VII/2021 tentang Tentang Pedoman Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah Tahun 2021, Unisnu Jepara membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) tahun 2021 dengan ketentuan sebagai berikut:


I.    FASILITAS PENERIMA KIP KULIAH

Penerima KIP Kuliah akan mendapatkan fasilitas berupa:

  1. Pembebasan biaya Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB);
  2. Pembebasan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI);
  3. Pembebasan biaya UKT selama 8 (delapan) semester;
  4. Bantuan biaya hidup sebesar Rp800.000 (delapan ratus ribu rupiah) setiap bulan selama 8 (delapan) semester.


II.    PERSYARATAN PENERIMA KIP KULIAH

  1. Siswa SMA, MA, SMK, atau sederajat yang lulus pada tahun 2021, 2020, atau 2019.
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah. Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan:
    • kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
    • berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau
    • pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS); atau
    • mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan; atau
    • mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

      Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

  3. Tidak dicalonkan oleh perguruan tinggi lain sebagai calon penerima KIP-Kuliah.
  4. Memiliki prestasi akademik atau nonakademik dan direkomendasikan oleh Kepala SMA/SMK/MA asal.
  5. Memiliki perilaku yang baik, tidak pengguna narkoba dan atau sejenisnya, serta tidak memiliki catatan pernah melakukan tindak pidana.
  6. Berkomitmen menyelesaikan studi tepat waktu.
  7. Telah melakukan pendaftaran sebagai calon penerima KIP Kuliah pada sistem KIP Kuliah (https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id) dan memilih Jalur Seleksi Mandiri PTS dengan pilihan: Perguruan Tinggi: Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (UNISNU JEPARA); dan Program Studi : dapat memilih sesuai daftar program studi yang ditampilkan.
  8. Telah melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNISNU JEPARA Tahun Akademik 2021/2022 melalui https://pmb.unisnu.ac.id dan telah dinyatakan lulus tes masuk mahasiswa baru. Saat melakukan pendaftaran mahasiswa baru UNISNU JEPARA, pendaftar bebas memilih jalur pendaftaran yang ada (Jalur Umum, Jalur Nilai Rapor, Jalur Prestasi Kejuaraan, Jalur Tahfidz, Jalur Anak Yatim, Jalur Bersaudara Kandung, Jalur Rekomendasi PCNU Jepara). Pemilihan jalur ini tidak mempengaruhi seleksi KIP Kuliah.


III.    PROGRAM STUDI

Program Studi yang membuka pendaftaran KIP Kuliah adalah sebagai berikut:

  1. Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
  2. Perbankan Syariah
  3. Pendidikan Agama Islam
  4. Pendidikan Bahasa Inggris
  5. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  6. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  7. Komunikasi dan Penyiaran Islam
  8. Manajemen
  9. Akuntansi
  10. Ekonomi Islam
  11. Teknik Elektro
  12. Teknik Sipil
  13. Teknik Industri
  14. Budidaya Perairan
  15. Teknik Informatika
  16. Sistem Informasi
  17. Desain Produk
  18. Desain Komunikasi Visual

Pemilihan program studi di atas harus memenuhi ketentuan berikut:

  1. Program studi pilihan pertama pada sistem KIP Kuliah (https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id) dan program studi pilihan pertama pada sistem Penerimaan Mahasiswa Baru UNISNU JEPARA (https://pmb.unisnu.ac.id) harus sama.
  2. Seleksi calon penerima KIP Kuliah didasarkan pada Program Studi pilihan Pertama.
  3. Pendaftar yang telah ditetapkan sebagai penerima KIP Kuliah dilarang pindah program studi.
  4. Program KIP Kuliah hanya berlaku bagi pendaftar pada Kelas Reguler 1.


IV.    TAHAPAN PENDAFTARAN KIP KULIAH


A.    TAHAP PERTAMA

  1. Siswa melakukan pendaftaran akun secara mandiri di sistem KIP Kuliah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Untuk pendaftaran akun di sistem KIP Kuliah, calon penerima harus memasukkan data yang valid sebagai berikut:
    • Nomor Induk Kependudukan (NIK);
    • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); dan
    • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

    • Calon penerima juga harus memiliki email yang aktif untuk pengiriman Nomor Pendaftaran dan Kode Akses setelah sistem KIP Kuliah berhasil melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN.

      Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah. Jika proses validasi berhasil, sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

      Dalam hal terdapat permasalahan dengan NIK, NISN, atau NPSN saat pendaftaran akun, Pendaftar dapat berkonsultasi dengan operator sekolah/madrasah asal agar dilakukan pengecekan data di Dapodik.

  2. Siswa masuk ke dalam sistem KIP Kuliah dengan memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dengan mengisi data:
    • Biodata
    • Data Keluarga (wajib unggah foto keluarga)
    • Rumah
    • Ekonomi
    • Aset Keluarga (jika sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesehjateraan Sosial, data Rumah, Ekonomi, dan Aset Keluarga tidak dimunculkan sehingga tidak perlu diisi)
    • Prestasi
    • Rencana Tinggal
    • Seleksi (Pilih secara urut: Seleksi Mandiri ¬-> Seleksi Mandiri PTS -> pilih “Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara” -> pilih program studi).
  3. Siswa mencetak Kartu Peserta dan Formulir Pendaftaran KIP Kuliah. Pencetakan kartu tetap dapat dilakukan meskipun belum melakukan pendaftaran Seleksi Mandiri PTS sebagaimana dimaksud pada poin 2 di atas.

B.    TAHAP KEDUA

Siswa melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru secara online melalui laman pmb.unisnu.ac.id, dengan ketentuan:

  1. Pendaftar bebas memilih jalur pendaftaran (Jalur Umum, Jalur Nilai Rapor, Jalur Prestasi Kejuaraan, Jalur Tahfidz, Jalur Anak Yatim, Jalur Bersaudara Kandung, Jalur Rekomendasi PCNU Jepara) sesuai dengan kondisi dan kesiapan masing-masing siswa.
  2. Program studi pilihan pertama yang diambil saat pendaftaran mahasiswa baru harus sama dengan program studi pilihan pertama yang dipilih pada laman KIP Kuliah.
  3. Program KIP Kuliah hanya berlaku bagi pendaftar pada Kelas Reguler 1.
  4. Pendaftar yang telah ditetapkan sebagai penerima KIP Kuliah dilarang pindah program studi.

Dalam hal siswa sudah melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNISNU JEPARA sebelum melakukan pendaftaran KIP Kuliah, maka tahap ini dapat dilewati dan/atau dilakukan penyesuaian jika terdapat perbedaan program studi pilihan atau kelas perkuliahan.


PENGUMUMAN SELENGKAPNYA SILAKAN UNDUH DENGAN KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!


DOWNLOAD PENGUMUMAN




Admin Unisnu Jepara

Komentar