Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Profil Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Unisnu Jepara mempunyai VISI

“Menjadi fakultas yang unggul dalam bidang pendidikan dan ilmu keguruan, yang menghasilkan sarjana yang unggul, cendekia, berakhlakul karimah dan berkepribadian ahlussunnah wal jama’ah pada tahun 2028”.


MISI yang ditempuh untuk mewujudkan visi tersebut adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang pendidikan dan keguruan yang berkualitas guna mengembangkan sumber daya manusia yang unggul, cendekia, berakhlakul karimah dan berkepribadian ahlussunnah wal jama’ah.
  2. Melaksanakan peneltian dalam bidang pendidikan dan mepublikasikan hasil penelitian melalui media yang bertaraf nasional dan internasional
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam rangka membangun masyarakat yang terdidik, inovatif dan kreatif, berbudaya islami dan berkepribadian ahlussunnah wal jamaah.
  4. Memperluas jaringan kerja sama bidang pendidikan dan keguruan secara kontinyu dan selektif untuk mempercepat dan menjamin tercapainya tujuan fakultas.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan memiliki empat program studi, yakni Pendidikan Agama Islam jenjang Strata Satu (S1), Pendidikan Bahasa Inggris jenjang Strata Satu (S1), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini jenjang Strata Satu (S1), dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar jenjang Strata Satu (S1).


Pendidikan Agama Islam

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Islamic Education
Deskripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional kependidikan yang cendekia, berakhlakul karimah, memiliki kemampuan berbahasa asing (Arab & Inggris), dan pendalaman kitab kuning (klasik), serta menguasai IPTEK dengan didukung oleh staf pengajar yang berkompeten. Dilengkapi dengan fasilitas memadai, ruang kelas ber-AC, fasilitas teknologi informasi, laboratorium microteaching, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, sarana olah raga, dan perpustakaan untuk menunjang pembelajaran.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Lulusan Prodi PAI mempunyai kualifikasi sarjana pendidikan agama Islam yang diharapkan dapat bekerja sebagai pendidik (guru) di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan di lembaga pendidikan lainnya.
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Akreditasi Peringkat A, SK BAN PT Nomor 3045/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2018



Pendidikan Bahasa Inggris

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris English Language Education
Deskripsi Lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) mampu : (1) menerapkan pembelajaran Blended Learning yakni memadukan classroom learning dengan mobile learning sehingga mahasiswa mendapat pengalaman belajar baru karena selain pembelajaran tatap muka mahasiswa juga berkesampatan belajar di luar kelas kapan saja dan dimana saja. Pemanfaatan perangkat mobile digital dengan aplikasi pendidikan yang menarik menjadi bagian integral proses pembelajaran, (2) mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pendidikan bahasa Inggris yang sesuai dengan isu pendidikan dan teknologi pembelajaran terkini.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Lulusan Prodi PBI dapat bekerja sebagai pendidik bahasa Inggris, penerjemah, penulis, praktisi dan konsultan pembelajaran bahasa Inggris.
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Akreditasi Peringkat B, SK BAN PT Nomor 1697/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2017


Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Early Childhood Teacher Education
Deskripsi Keilmuan dan keahlian yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mencakup bidang ilmu yang diajarkan di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, untuk mencetak lulusan calon pendidik PAUD yang memiliki kemampuan literasi seperti: bidang utama (deteksi tumbuh kembang anak, psikologi perkembangan anak usia dini, bermain dan belajar, kesehatan dan gizi, konsep dasar, manajemen penyelenggaraan, model-model pembelajaran, strategi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PAUD) dan bidang ilmu pendukung (pendidikan jasmani, seni, dan keterampilan) sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran berbasis ICT.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Guru PAUD.
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Menristek Dikti Nomor 247/KPT/I/2016
Gelar Lulusan Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Akreditasi Peringkat Baik, SK BAN PT Nomor 367/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/I/2021


Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Elementary Teacher Education
Deskripsi Keilmuan dan keahlian yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mencakup bidang ilmu yang diajarkan di Sekolah Dasar. Hal ini relevan dengan salah satu capaian pembelajaran dari lulusan prodi PGSD, yaitu memiliki kemampuan literasi yang terkait dengan bidang utama (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan Bahasa Inggris) dan bidang ilmu pendukung (pendidikan jasmani, seni, dan keterampilan) yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran berbasis ICT di SD. Orientasi pengembangan keilmuan dan implementasi tri dharma perguruan tinggi pada Prodi PGSD selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip dasar ahlussunnah wal jama’ah.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Guru SD.
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Menristek Dikti Nomor 470/KPT/I/2016
Gelar Lulusan Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Akreditasi Peringkat Baik, SK BAN PT Nomor 18/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/I/2021

Daftar Sekarang


Admin Unisnu Jepara

Komentar