Fakultas Sains dan Teknologi

Fakultas Sains dan Teknologi

Profil Fakultas Sains dan Teknologi

Fakultas Sains dan Teknologi Unisnu Jepara mempunyai VISI :

“Menjadi Fakultas Sains dan Teknologi yang Unggul dalam Pengembangan IPTEK, Seni, dan Budaya Serta Sumber Daya Manusia Cendekia, Berakhlakul Karimah dan Berkepribadian Ahlussunnah Wal Jama'ah pada Tahun 2029”.

MISI yang ditempuh untuk mewujudkan visi tersebut adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dalam bidang Sains dan Teknologi, Sehingga Menghasilkan Lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif, beretika dan bermoral (akhlaqul karimah);
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama melalui kegiatan penelitian yang bermutu, publikasi ilmiah, serta kepemilikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) sebagai upaya pengembangan Ilmu Pengetahuan, Kerekayasaan dan Teknologi;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk memecahkan persoalan masyarakat sebagai upaya penerapan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan, Sains, dan Teknologi;
  4. Melakukan evaluasi secara teratur untuk meningkatkan kualitas, profesionalitas, kapabilitas, akuntabilitas, dan tata kelola serta kemandirian dalam penyelenggaraan institusi.

Fakultas Sains dan Teknologi memiliki delapan program studi, yakni Teknik Industri jenjang Strata Satu (S1), Teknik Elektro jenjang Strata Satu (S1), Teknik Sipil jenjang Strata Satu (S1), Teknik Informatika (Informatika) jenjang Strata Satu (S1), Sistem Informasi jenjang Strata Satu (S1), Desain Produk jenjang Strata Satu (S1), Desain Komunikasi Visual jenjang Strata Satu (S1), dan Budidaya Perairan (Akuakultur) jenjang Strata Satu (S1).


Teknik Industri

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Industrial Engineering
Deskripsi Lulusan Program Studi Teknik Industri mempunyai kemampuan untuk menggunakan pengetahuan dan ketrampilan dalam disiplin teknik industri untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas keluaran sistem serta instalasi sistem yang terdiri dari orang, material, mesin, informasi dan energi dengan melakukan perancangan maupun perbaikan pada sistem tersebut.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Ruang lingkup pekerjaan sesuai dengan kebutuhan dunia industri meliputi Production Planning and Inventory Control (PPIC), Quality Control (QC), engineering designer, konsultan perusahaan, wirausaha dan semua pekerjaan yang membutuhkan kemampuan rekayasa sistem manajemen baik dibidang manufaktur maupun jasa.
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Teknik (S.T.)
Akreditasi Peringkat C, SK BAN PT Nomor 4135/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017


Teknik Elektro

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Electrical Engineering
Deskripsi Program studi Teknik Elektro mencakup pengembangan keahlian dibidang energi listrik, kontrol dan elektronika. Lulusan diarahkan pada kemampuan menguasai prinsip serta konsep teoritis yang diperlukan untuk manajemen, analisis, perancangan dan rekayasa sistem tenaga listrik serta cepat tanggap pada issue terkini. Keterampilan khusus mahasiswa teknik elektro: (1) mampu melakukan riset rekayasa pada sistem tenaga listrik konvensional dan renewable energi, (2) mampu merumuskan solusi alternatif dan merancang rekayasa pada sistem tenaga listrik, (3) mampu menerapkan sistem tenaga listrik di bidang renewable energi dan pengelolaan energi secara berkelanjutan serta dukungan kompetensi dibidang kontrol (mikrokontroller, PLC, SCADA), elektronika, sistem kendali, robotik, wireless telekomunikasi, dan audit energi.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Lulusan dapat bekerja sebagai power system engineer, power planner, power system consultant, auditor sistem ketenagaan, kontrol dan elektronika, file and test enginer, R & D Engineer
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Teknik (S.T.)
Akreditasi Peringkat B, SK BAN PT Nomor 4856/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017


Teknik Sipil

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Civil Engineering
Deskripsi Prodi ini mempersiapkan lulusan yang handal, kompeten, beretika, dan berkepribadian ahlussunah wal jamaah serta professional di bidang struktur, hidraulika, dan transportasi.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan site engineer teknik sipil, pelaksana proyek (kontraktor), perencana proyek (konsultan), fasilitator teknik pada pemberdayaan masyarakat, tenaga ahli konstruksi, pengusaha developer, dsb
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Teknik (S.T.)
Akreditasi Peringkat B, SK BAN PT Nomor 3836/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017


Teknik Informatika (Informatika)

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Informatics
Deskripsi Informatika adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari ilmu komputer, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya di dunia industri. ilmu yang dipelajari di Informatika berupa konsep, teori dan penerapan praktis keilmuan. Sehingga lulusan Informatika mampu beradaptasi di dunia industri dengan cepat, dan dapat terus mengikuti perkembangan keilmuan di bidang komputer. Teknik Informatika mempelajari konsep dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi pada pelbagai bidang sehingga lulusan dibekali dengan kemampuan pemrograman serta pengembangan perangkat lunak yang diimplementasikan pada komputer, internet, dan mobile communication.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Lulusan bisa bekerja pada bidang web/desktop programming, game dan mobile programming, network engineering, animasi dan desainer grafis, tenaga pendidik dan konsultan IT.
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Komputer (S.Kom)
Akreditasi Peringkat B, SK BAN PT Nomor 4896/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2020


Sistem Informasi

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Information System
Deskripsi Lulusan prodi Sistem Informasi mempunyai kompetensi dalam hal mengolah informasi sebagai sumber daya penting organisasi serta melakukan analisis dan perancangan sistem informasi yang nantinya akan diimplementasikan dalam bahasa pemrograman. Selain itu juga mampu mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan organisasi akan informasi dapat terpenuhi
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan System analyst, database administrator, IT consultant, programmer, dan technopreneur.
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Komputer (S.Kom.)
Akreditasi Peringkat B, SK BAN PT Nomor 8065/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2020


Desain Produk

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Product Design
Deskripsi Desain produk adalah program studi yang bertitik tolak dari budaya tradisi. Menghasilkan lulusan yang kompetitif dalam industri mebel sesuai dengan perkembangan industri dengan berbasis teknologi dan tuntutan pasar, ini dibuktikan dengan prestasi mahasiswa desain produk yang sering meraih juara lomba dibidang desain baik secara nasional maupun secara internasional, prestasi yang membanggakan ini bisa terjadi karena desain produk diajar oleh dosen-dosen yang telah berpengalaman dibidang desain, serta dosen dari program studi desain produk adalah lulusan terbaik dari perguruan tinggi bertaraf internasional.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Desainer mebel, visual merchandiser, drafter
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Desain (S.Ds.)
Akreditasi Peringkat B, SK BAN PT Nomor 1906/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016


Desain Komunikasi Visual

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Visual Communication Design
Deskripsi Prodi DKV siap berkompetisi dalam mengisi peluang kerja dan bisnis di dunia internasional yang 70 % terbuka untuk bidang desain komunikasi visual. Selaras dengan visi dan misi prodi DKV, menghasilkan lulusan dengan Gelar (S.Ds.) yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, sikap dan karakter religius dan mampu melayani industri yang membutuhkan tenaga ahli : desainer web, desainer multimedia animator, game modeller, illustrator pada industri periklanan, motion graphic artist pada industri rumah produksi dan stasiun televisi, videographer pada industri rumah produksi, juga video editor pada industri rumah produksi.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Desainer web, desainer multimedia animator, game modeller, illustrator pada industri periklanan, motion graphic artist pada industri rumah produksi dan stasiun televisi, videographer pada industri rumah produksi, juga video editor pada industri rumah produksi
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Desain (S.Ds.)
Akreditasi Peringkat B, SK BAN PT Nomor 8568/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2020


Budidaya Perairan (Akuakultur)

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Aquaculture
Deskripsi Program studi Budidaya Perairan/ Akuakultur mempunyai Visi untuk mewujudkan cita-cita, aspirasi, sumber inspirasi, motivasi, peta jalan (roadmap), karakter dan wawasan, serta identitas civitas akademika, dan para pemangku kepentingan di Program Studi Budidaya Perairan/ Akuakultur , Fakultas Sains dan Teknologi, dengan harapan Program Studi Budidaya Perairan/Akuakultur akan menjadi program studi yang Inovatif dan berdaya saing untuk tingkat local maupun nasional.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Program Studi Budidaya Perairan/Akuakultur akan mendidik mahasiswa untuk menjadi sarjana yang mempunyai kompetensi yang memadai di bidang perikanan dan mampu menduduki posisi jabatan sebagai berikut: Manajer dan Pengusaha dibidang Budidaya Perairan (Akuakultur) dan Pengolahan perikanan, Peneliti, Konsultan bidang perikanan, Penyuluh perikanan dan Teknisi /Analis Kegiatan Budidaya Perairan dan perikanan.
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Perikanan (S.Pi.)
Akreditasi Peringkat C, SK BAN PT Nomor 4378/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017

Daftar Sekarang


Admin Unisnu

Komentar