Fakultas Syariah dan Hukum

Fakultas Syariah dan Hukum

Profil Fakultas Syari’ah dan Hukum

Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara mempunyai VISI

“Terwujudnya Fakultas Syariah dan Hukum sebagai pusat pengkajian dan pencetak sumberdaya manusia yang Unggul, Cendekia, berakhlakul karimah, Profesional dan berdaya saing di tingkat Nasional dalam bidang Ilmu Syariah, Ilmu Hukum dan Perbankan Syariah yang berorientasi pada Nilai Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyyah pada tahun 2028”.

MISI yang ditempuh untuk mewujudkan visi tersebut adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang ilmu Syariah, ilmu Hukum dan Perbankan Syariah untuk mencetak sarjana dengan kemantapan aqidah, keluhuran etika, kedalaman intelektual, profesional serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian Ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Ilmu Syariah, Ilmu Hukum dan Perbankan Syariah yang bermanfaat dan mempunyai nilai guna bagi kemaslahatan masyarakat;
  3. Mengembangkan dan membina kehidupan civitas akademika yang menjunjung tinggi kebenaran akademis, sikap kritis, keterbukaan, kreatif, dan inovatif serta responsif terhadap perubahan-perubahan sosial, baik dalam skala regional, nasional maupun global;
  4. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun non-pemerintah, perguruan tinggi, industri dan lain-lain, baik dalam maupun luar negeri dan;
  5. Mewujudkan keteladanan dalam kehidupan masyarakat madani yang berlandaskan pada nilai Islam Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyyah dan menjunjung tinggi budaya bangsa.

Fakultas Syari’ah dan Hukum Unisnu Jepara memiliki dua program studi, yakni program studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) jenjang Strata Satu (S1) dan Perbankan Syari’ah jenjang Strata Satu (S1).


Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Islamic Family Law
Deskripsi Inti dari keagamaan Islam adalah mewujudkan kemaslahatan bagi manusia, salah satu kunci mewujudkannya diawali dari kemaslahatan keluarga. Program studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) turut menjadi penompang perwujudan tersebut. Melalui disiplin keilmuan yang disediakan didalamnya, peserta program studi ini diharapkan terbekali dengan keilmuan seputar Hukum keluarga Islam beserta tata cara peradilannya.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Profil lulusan dipersiapkan sebagai Hakim, Panitera, Pengacara, PNS di lingkungan Pengadilan Agama, PNS di Kementerian Agama, PNS di Kemenkum HAM, atau guru fiqh/ushul fiqh pada Madrasah negeri maupun swasta.
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Hukum (S.H.)
Akreditasi Peringkat B, SK BAN PT Nomor 6045/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020




Perbankan Syari’ah

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Islamic Banking
Deskripsi Prodi Perbankan Syari'ah hadir untuk menjawab kebutuhan akan pentingnya sumberdaya insani pada lembaga keuangan syari’ah. Dengan mengaplikasikan pembelajaran Integrated Twin Tower, dimana tower pertama berisi keilmuan ekonomi dan perbankan konvensional dan tower kedua berisi keilmuan ekonomi dan perbankan berlandaskan syari’ah.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Prodi Perbankan Syariah siap melahirkan ahli ekonomi dan perbankan syari’ah yang handal berlandaskan ahlussunnah wal jama’ah serta cendekia dan berakhlakul karimah
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3656 tahun 2014
Gelar Lulusan Sarjana Ekonomi (S.E.)
Akreditasi Peringkat B, SK BAN PT Nomor 0173/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017

Daftar Sekarang


Admin Unisnu

Komentar