Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Profil Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisnu Jepara mempunyai VISI

“Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Berbasis ICT, Unggul dan Berakhlakul Karimah tahun 2019”.

MISI yang ditempuh untuk mewujudkan visi tersebut adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang ekonomi bisnis dan perbankan yang profesional dan berdaya saing.
  2. Mengembangkan ilmu ekonomi di bidang bisnis dan perbankan melalui kegiatan penelitian yang berakar pada kearifan lokal dan teknologi tepat guna.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ekonomi bisnis dan perbankan serta peduli terhadap masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah.
  4. Mengembangkan kerjasama untuk dapat bersinergi dengan pihak perguruan tinggi lain, masyarakat, pelaku usaha, dan pemerintah dalam menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Mengelola lembaga dengan baik (good governance) dan melaksanakan prinsip-prinsip manajemen penjaminan mutu (quality assurance).

Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki tiga program studi, yakni Manajemen jenjang Strata Satu (S1), Akuntansi jenjang Strata Satu (S1), dan Ekonomi Islam jenjang Strata Satu (S1).



Manajemen

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Management
Deskripsi Lulusan Program Studi Manajemen yang diharapkan setelah menyelesaikan semua proses pembelajaran adalah 1) mampu menjelaskan dan mengimplementasikan konsep-konsep ilmiah Ekonomi Manajemen secara benar; 2) mampu mengintegrasikan antar disiplin ilmu baik secara individu maupun kelompok; 3) mampu memberikan solusi kreatif dan inovatif dalam bidang manajemen.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan manajer dibidang pemasaran, bidang keuangan, SDM, dan operasional.
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Manajemen (S.M.)
Akreditasi Peringkat B, SK BAN PT Nomor 1689/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2016



Akuntansi

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Accounting
Deskripsi Sasaran Program Studi Akuntansi adalah terselenggaranya proses pembelajaran yang berorientasi pada kesiapan lulusan sebagai tenaga professional akuntan yang handal. Dengan Visi ”Menjadi program studi berbasis ICT, kompetitif, unggul dan berakhlakul karimah”, maka Program Studi Akuntansi berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah-masalah pada bidang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik dan akuntansi syariah.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Akuntan.
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Akuntansi (S.Ak.)
Akreditasi Peringkat B, SK BAN PT Nomor 0174/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017


Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah)

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris Islamic Economics
Deskripsi Program Studi Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah) terakreditasi B BAN PT merupakan program studi yang berada pada rumpun ilmu ekonomi. Materi pembelajaran disampaikan oleh dosen yang memiliki kepakaran dan tersertifikasi dibidangnya sehingga Program Studi Ekonomi Islam diarahkan menghasilkan lulusan yang ahli pada : (1) Dewan Pengawas Syariah (DPS). DPS adalah bagian tertinggi sejajar komisaris / pengawas yang muthlak harus dimiliki oleh perusahaan / lembaga berbasis syariah; (2) Manajer atau pengelola lembaga keuangan syariah yang meliputi perbankan syariah, BMT, multifinance syariah, pegadaian syariah, asuransi syariah dan pasar modal syariah ; (3) Ekonom muslim yaitu kepakaran dalam menerapkan, mengalisis dan melaksanakan kebijakan baik mikro maupun makro islam termasuk sebagai pengusaha muslim sesuai dengan nilai-nilai islam.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan Dewan Pengawas Syariah, Manajer atau pengelola lembaga keuangan Syariah, Ekonom muslim.
Jenjang Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan Sarjana Ekonomi (S.E.)
Akreditasi Peringkat B, SK BAN PT Nomor 362/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018

Daftar Sekarang


Admin Unisnu

Komentar