Pertanyaan & Jawaban
Berikut ini adalah daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan, semoga bisa menjawab pertanyaan anda
Program Pascasarjana
- Manajemen Pendidikan Islam (S2) [Terakreditasi Baik Sekali]
- Manajemen (S2) [Memenuhi Persyaratan Minimun Akreditasi]
Fakultas Syari'ah dan Hukum
- Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) [Terakreditasi B]
- Perbankan Syariah [Terakreditasi B]
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
- Pendidikan Agama Islam [Terakreditasi Unggul]
- Pendidikan Bahasa Inggris [Terakreditasi Baik Sekali]
- Pendidikan Guru SD [Terakreditasi Baik]
- Pendidikan Guru PAUD [Terakreditasi Baik]
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
- Komunikasi dan Penyiaran Islam [Terakreditasi B]
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
- Manajemen [Terakreditasi B]
- Akuntansi [Terakreditasi B]
- Ekonomi Islam [Terakreditasi Baik Sekali]
Fakultas Sains dan Teknologi
- Desain Produk [Terakreditasi B]
- Teknik Industri [Terakreditasi Baik Sekali]
- Teknik Informatika [Terakreditasi B]
- Teknik Sipil [Terakreditasi Baik Sekali]
- Teknik Elektro [Terakreditasi Baik Sekali]
- Desain Komunikasi Visual [Terakreditasi B]
- Sistem Informasi [Terakreditasi B]
- Budidaya Perairan [Terakreditasi Baik]
PROGRAM SARJANA [S1]
Jalur Umum
- Gelombang Merdeka: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang 1: 1 Maret 2024 - 29 Juni 2024
- Gelombang 2: 30 Juni 2024 - 14 Agustus 2024
Jalur Nilai Rapor
- Gelombang Merdeka: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang 1: 1 Maret 2024 - 29 Juni 2024
Jalur Prestasi Kejuaraan
- Gelombang Merdeka: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang 1: 1 Maret 2024 - 29 Juni 2024
Jalur Tahfiz
- Periode 1: 15 November 2023 - 4 Mei 2024
- Periode 2: 6 Mei 2024 - 29 Juni 2024
Jalur Anak Yatim dan Dhuafa`
- Gelombang Merdeka: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang 1: 1 Maret 2024 - 29 Juni 2024
Jalur Saudara Kandung
- Gelombang Merdeka: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang 1: 1 Maret 2024 - 29 Juni 2024
Jalur Kader NU
- Gelombang Merdeka: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang 1: 1 Maret 2024 - 29 Juni 2024
Jalur Drop In
- Gelombang Genap: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang Gasal: 1 Maret 2024 - 14 Agustus 2024
Jalur Pindahan
- Gelombang Genap: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang Gasal: 1 Maret 2024 - 14 Agustus 2024
Jalur Alih Jenjang
- Gelombang Genap: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang Gasal: 1 Maret 2024 - 14 Agustus 2024
PROGRAM MAGISTER [S2]
Jalur Umum
- Gelombang Genap: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang Gasal: 1 Maret 2024 - 14 Agustus 2024
Jalur Lulusan Terbaik
- Gelombang Genap: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang Gasal: 1 Maret 2024 - 14 Agustus 2024
Jalur Saudara Kandung atau Keluarga
- Gelombang Genap: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang Gasal: 1 Maret 2024 - 14 Agustus 2024
Jalur Jalur Drop In
- Gelombang Genap: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang Gasal: 1 Maret 2024 - 14 Agustus 2024
Jalur Pindahan
- Gelombang Genap: 15 November 2023 - 29 Februari 2024
- Gelombang Gasal: 1 Maret 2024 - 14 Agustus 2024
Secara umum syarat pendaftaran Mahasiswa Baru adalah:
- Memiliki akun email dan nomor whatsapp yang aktif untuk menerima notifikasi pendaftaran.
- Fotokopi ijazah SMA/MA/SMK/Paket C dilegalisasi 1 lembar (dapat disusulkan jika ijazah belum keluar)
- Asli Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga (dibawa untuk discan di tempat pendaftaran, jika pendaftarannya online, dapat di scan atau di foto sendiri lalu di unggah saat pendaftaran)
- Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp150.000 untuk Kelas Reguler, atau Rp200.000 untuk Kelas Karyawan.
- Surat keterangan sudah bekerja jika mendaftar pada Kelas Karyawan.
Selain syarat-syarat di atas, Pendaftar juga harus menyiapkan dokumen tambahan sesuai dengan jalur pendaftaran yang dipilih.
Informasi lengkap jalur dan syarat pendaftaran dapat diakses di : https://pmb.unisnu.ac.id/halaman/syarat
Siswa kelas XII atau tahun terakhir SMA/MA/SMK/Paket C yang akan lulus pada Tahun Pelajaran 2023/2024, diperbolehkan melakukan pendaftaran mahasiswa baru.
Adapun ijazah yang menjadi syarat pendaftaran dapat diganti dengan fotokopi rapor kelas XII semester gasal terlebih dahulu. Ijazah dapat disusulkan jika sudah diterbitkan oleh pihak sekolah/madrasah.
Jika ijazahnya belum keluar, sementara dapat menggunakan surat keterangan lulus dari sekolah/madrasah dengan mencantumkan nilai ujian yang menjadi dasar kelulusan.
Prosedur pendaftaran PMB yang dilakukan secara online/daring adalah sebagai berikut:
- Mengisi formulir pembuatan akun secara daring di laman Sistem Informasi PMB [https://sipmb.unisnu.ac.id/registrasi] secara lengkap dan benar.
- Membayar biaya pendaftaran.
- Melengkapi data diri pada Sistem Informasi PMB [https://sipmb.unisnu.ac.id/login] dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan.
- Mengunggah dokumen digital yang disyaratkan, sesuai jalur pendaftaran dan kelas perkuliahan.
- Mengerjakan tes masuk, kecuali bagi Pendaftar pada Jalur Nilai Rapor, Jalur Prestasi Kejuaraan, dan Jalur Tahfiz.
- Melakukan pendaftaran ulang.
Prosedur pendaftaran PMB yang dilakukan dengan cara datang ke tempat pendaftaran secara luring adalah sebagai berikut:
- Pendaftar datang secara langsung di tempat pendaftaran mahasiswa baru Unisnu Jepara
- Mengisi formulir pembuatan akun di laman Sistem Informasi PMB secara lengkap dan benar dengan menggunakan perangkat komputer yang disediakan.
- Membayar biaya pendaftaran melalui bank yang telah ditentukan. Unisnu Jepara menyediakan layanan payment point Bank Jateng dan BNI di dalam kompleks kampus untuk pembayaran.
- Melengkapi data diri pada Sistem Informasi PMB dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan.
- Menyerahkan dokumen yang disyaratkan, sesuai jalur pendaftaran dan kelas perkuliahan.
- Mengerjakan tes masuk, kecuali bagi Pendaftar pada Jalur Nilai Rapor, Jalur Prestasi Kejuaraan, dan Jalur Tahfiz.
- Melakukan pendaftaran ulang.
Ketentuan layanan pendaftaran di kampus Unisnu Jepara adalah sebagai berikut:
- Tempat : lantai dasar gedung Pascasarjana, depan masjid kampus UNISNU JEPARA, Jl. Taman Siswa No. 09 Tahunan Jepara
- Hari : Senin s.d. Sabtu (tutup pada hari Ahad/libur nasional/cuti bersama)
- Waktu : pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB.
Jika pendaftaran dan daftar ulang dilakukan di kampus, silakan memanfaatkan layanan payment point Bank Jateng dan BNI yang ada di dalam kompleks kampus untuk pembayaran.
Untuk pembayaran di luar kampus, silakan ikuti petunjuk di bawah ini:
- Silakan LOGIN ke sipmb.unisnu.ac.id menggunakan akun yang dimiliki.
- Pilih tagihan yang akan dibayarkan, lalu klik tombol Bayar Tagihan (Virtual Account)
- Pilih Metode Pembayaran yang tersedia, terdapat biaya admin tambahan sesuai channel yang dipilih. Pilihan yang tersedia adalah: Bank Jateng (biaya admin gratis), BNI (biaya admin Rp 3.000), BRI (biaya admin Rp 6.500), Bank Mandiri (biaya admin Rp 6.500), Alfamart (biaya admin Rp 7.050 ).
- Klik Lanjutkan Proses, Selanjutnya akan muncul kode ID Billing / Virtual Account.
- Silakan melakukan pembayaran sesuai channel yang dipilih, pastikan jumlah yang dibayarkan sama dengan jumlah tagihan yang tercantum di sistem.
Selain biaya yang tercantum di sistem PMB, sangat mungkin ada biaya lain yang diminta oleh pihak pemberi jasa pelayanan pembayaran yang digunakan.
Petunjuk detail pembayaran terdapat di https://sipmb.unisnu.ac.id
Pendaftar pada Jalur Anak Yatim dan Dhuafa’, Jalur Saudara Kandung, Jalur Kader Nahdlatul Ulama, Jalur Anak Kandung Pegawai UNISNU JEPARA, Jalur Drop In, Jalur Pindahan, Jalur Alih Jenjang, dan Jalur Umum wajib mengikuti Tes Masuk.
Tes Masuk dilaksanakan berbasis komputer, dengan materi terdiri atas:
- pengetahuan umum;
- ke-NU-an; dan
- materi muatan sesuai Program Studi yang dipilih.
Batas minimal nilai Tes Masuk agar Pendaftar dinyatakan lulus atau diterima sebagai mahasiswa UNISNU JEPARA adalah 200 (dua ratus), dari skala nilai 0 (nol) sampai dengan 600 (enam ratus).
Setelah Pendaftar selesai mengerjakan Tes Masuk, maka akan langsung disajikan hasil tesnya.
Jika ingin mendapatkan file hasil Tes Masuk, atau hasil tes belum disajikan, silakan hubungi tim admisi melalui WhatsApp dengan klik banner di bawah ini:
HUBUNGI ADMIN VIA WHATSAPP
Pendaftar melakukan pendaftaran ulang setelah dinyatakan lulus tes masuk atau telah menyelesaikan tahap pendaftaran bagi Pendaftar pada Jalur Rapor dan Jalur Prestasi Kejuaraan.
Pendaftar melakukan pendaftaran ulang dengan cara membayar biaya PMB. Rincian biaya pendaftaran ulang dapat dilihat pada tautan di bawah ini.
LIHAT RINCIAN BIAYA STUDI
Pendaftaran ulang dilakukan sesuai jadwal gelombang pendaftaran yang dipilih. Dalam hal daftar ulang dilakukan melebihi jadwal gelombang yang dipilih, maka biaya studi akan disesuaikan dengan saat daftar ulang dilakukan.
Contoh: Pendaftar melakukan pendaftaran di Gelombang 1, dan melakukan pembayaran Biaya PMB di Gelombang 2, maka biaya studi (biaya UKT) akan disesuaikan dengan yang berlaku di Gelombang 2.
Biaya studi untuk setiap program studi memiliki jumlah yang beragam, informasi detail biaya studi untuk setiap program studi, kelas perkuliahan, dan gelombang pendaftara dapat diakses melalui tombol di bawah ini:
LIHAT RINCIAN BIAYA STUDI
UNISNU JEPARA menyediakan beasiswa pendaftaran dan beasiswa kuliah.
Beasiswa Pendaftaran dapat diperoleh melalui beberapa jalur pendaftaran yang disediakan, seperti: Jalur Nilai Rapor, Jalur Prestasi Kejuaraan, Jalur Anak Yatim dan Dhuafa', Jalur Saudara Kandung, dan Jalur Kader Nahdlatul Ulama.
Beasiswa Perkuliahan diantaranya adalah KIP Kuliah, Beasiswa Tahfiz, Beasiswa UPZ, Beasiswa PPA, Beasiswa Mitra, Beasiswa Prestasi Mahasiswa, dan lain sebagainya.
Informasi lengkap setiap beasiswa tersebut dapat diakses dengan klik banner di bawah:
Jalur Pendaftaran Program Sarjana (S1):
- Jalur Umum
- Jalur Nilai Rapor
- Jalur Prestasi Kejuaraan
- Jalur Tahfiz
- Jalur Anak Yatim dan Dhuafa’
- Jalur Saudara Kandung
- Jalur Kader Nahdlatul Ulama
- Jalur Drop In
- Jalur Pindahan
- Jalur Alih Jenjang
Jalur Pendaftaran Program Magister (S2):
- Jalur Umum
- Jalur Lulusan Terbaik
- Jalur Saudara Kandung atau Keluarga
- Jalur Drop In
- Jalur Pindahan
Informasi lengkap untuk setiap jalur di atas dapat dilihat melalui tombol di bawah ini:
LIHAT JALUR PENDAFTARAN
UNISNU JEPARA membuka Kelas Karyawan yang dapat dipilih oleh Pendaftar yang sudah bekerja, dan karena pekerjaan tersebut yang bersangkutan tidak dapat mengikuti perkuliahan setiap hari.
UNISNU JEPARA menerima mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain.
Pendaftar dengan status awal pindahan wajib memenuhi syarat berikut:
- berasal dari perguruan tinggi dalam negeri dengan status akreditasi perguruan tinggi minimal B/Baik Sekali, jika berasal dari perguruan tinggi luar negeri maka harus mendapat izin dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, atau Kementerian Agama;
- berasal dari program studi dengan peringkat akreditasi program studi minimal sama dengan Program Studi tujuan di UNISNU JEPARA;
- Pendaftar telah terdaftar sebagai mahasiswa pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek di perguruan tinggi asal;
- tidak dalam status dikeluarkan dari perguruan tinggi asal, baik karena drop out, sanksi, atau sebab lainya;
- telah mendapatkan surat izin pindah dan transkrip akademik dari perguruan tinggi asal; dan
- telah mendapatkan persetujuan dan hasil konversi transkrip akademik dari Program Studi tujuan di UNISNU JEPARA.
Pendaftaran pindahan mengikuti prosedur berikut:
- Pendaftar menghadap Ketua Program Studi yang akan dituju untuk mendapatkan persetujuan tertulis dan mengajukan konversi transkrip akademik.
- Pendaftar melakukan pendaftaran PMB secara langsung di tempat pendaftaran.
- Mengisi formulir pembuatan akun di laman Sistem Informasi PMB secara lengkap dan benar dengan menggunakan perangkat komputer yang disediakan.
- Membayar biaya pendaftaran sebagaimana dimaksud pada Pasal 8 melalui bank yang telah ditentukan.
- Melengkapi data diri pada Sistem Informasi PMB dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan.
- Menyerahkan dokumen yang disyaratkan sebagaimana tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan ini.
- Melakukan pendaftaran ulang.
- Petugas pendaftaran mengirimkan berkas konversi transkrip akademik ke Bagian Akademik dan Pengembangan Kelembagaan untuk proses lebih lanjut dan pelaporan status awal mahasiswa kepada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.
Pendaftar pindahan dapat mulai mengikuti perkuliahan pada semester genap tahun akademik 2023/2024 atau pada semester gasal tahun akademik 2024/2025.
Pendaftaran alih jenjang pada program Sarjana hanya dibuka bagi lulusan Diploma 3.
Pendaftar dengan status awal alih jenjang harus memenuhi syarat berikut:
- berasal dari perguruan tinggi dalam negeri dengan status akreditasi perguruan tinggi minimal B/ Baik Sekali;
- berasal dari program studi dengan peringkat akreditasi program studi minimal sama dengan Program Studi tujuan di UNISNU JEPARA;
- Pendaftar telah terdaftar sebagai mahasiswa pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek di perguruan tinggi asal;
- Program studi yang dipilih memiliki keilmuan yang linier dengan program studi pada program Diploma 3 yang pernah ditempuh;
- memiliki ijazah dan transkrip akademik dari perguruan tinggi asal; dan
- telah mendapatkan persetujuan dan hasil konversi transkrip akademik dari Program Studi tujuan di UNISNU JEPARA.
Pendaftaran alih jenjang mengikuti prosedur berikut:
- Pendaftar menghadap Ketua Program Studi yang akan dituju untuk mendapatkan persetujuan tertulis dan mengajukan konversi transkrip akademik.
- Pendaftar melakukan pendaftaran PMB secara langsung di tempat pendaftaran.
- Mengisi formulir pembuatan akun di laman Sistem Informasi PMB secara lengkap dan benar dengan menggunakan perangkat komputer yang disediakan.
- Membayar biaya pendaftaran sebagaimana dimaksud pada Pasal 8 melalui bank yang telah ditentukan.
- Melengkapi data diri pada Sistem Informasi PMB dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan.
- Menyerahkan dokumen yang disyaratkan sebagaimana tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan ini.
- Melakukan pendaftaran ulang.
- Petugas pendaftaran mengirimkan berkas konversi transkrip akademik ke Bagian Akademik dan Pengembangan Kelembagaan untuk proses lebih lanjut dan pelaporan status awal mahasiswa kepada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.
Pendaftar alih jenjang dapat mulai mengikuti perkuliahan pada semester genap tahun akademik 2023/2024 atau pada semester gasal tahun akademik 2024/2025.
- Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (siama.unisnu.ac.id)
- Learning Management System (lms.unisnu.ac.id)
- Lab. Komputer
- Lab. Microteaching
- Lab. Bahasa
- Lab. Multimedia
- Lab. Simulasi Persidangan
- Lab. Budidaya Perairan
- Lab. Produksi
- Lab. Audio
- Lab. Biologi
- Lab. Desain
- Lab. Struktur
- Lab. Konstruksi
- Lab. Programer
- Lab. Komputer Dasar
- Gedung representatif
- Studio musik
- Galeri Investasi Syariah
- Studio Fotografi
- Wifi
- Anjungan Komputer
- Masjid
- Studio Gambar
- Kantin
- Mesin CNC
- Basecamp organisasi mahasiswa
- Studio Radio
- Ruang kuliah nyaman (AC, audio, LCD)
- Perpustakaan dengan layanan jaringan One Search Perpusnas RI
- Fasilitas olah raga (lapangan futsal, basket, bola voli, tenis meja, panjat tebing, matras, dll)
- Klinik Kesehatan YAI Medika
- Unit Layanan Kesehatan Primer Kampus
- Gratis akun G Suite dengan domain @unisnu.ac.id.
- Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas
- Dewan Perwakilan Mahasiswa
- Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas
- Pramuka
- Resimen Mahasiswa
- KSR PMI
- Organisasi Pengembangan Olahraga
- Organisasi Bahasa
- Himpunan Mahasiswa Program Studi
- Lembaga Pers Mahasiswa
- Pecinta Alam
- Seni Musik, Seni Teater, Paduan Suara
- Organisasi Keagamaan
- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)
Tanggal | Kegiatan |
---|---|
28 Agustus s.d. 1 September 2023 | Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Kelas Reguler |
2 s.d. 3 September 2023 | Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Kelas Karyawan |
4 September 2023 | Kuliah perdana mahasiswa baru angkatan 2023 |
5 s.d. 10 September 2023 | Matrikulasi |
9 s.d. 10 September 2023 | Temu Wali/Orangtua Mahasiswa Baru angkatan 2023 |
11 September 2023 | Awal perkuliahan semester gasal TA. 2023/2024 |
- Pendaftar yang telah diterima sebagai mahasiswa baru dan mengundurkan diri paling lambat tanggal 14 Agustus 2024, memperoleh pengembalian biaya pendaftaran ulang dengan ketentuan sebagai berikut:
- Jika Pendaftar mengundurkan diri karena telah diterima sebagai mahasiswa baru pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka memperoleh pengembalian biaya pendaftaran ulang yang telah dibayarkan setelah dikurangi 10% (sepuluh persen)-nya sebagai biaya administrasi.
- Jika Pendaftar mengundurkan diri karena sebab selain diterima sebagai mahasiswa baru pada PTN, maka memperoleh pengembalian biaya pendaftaran ulang yang telah dibayarkan setelah dikurangi 20% (dua puluh persen)-nya sebagai biaya administrasi.
- Pendaftar yang telah diterima sebagai mahasiswa baru dan mengundurkan diri setelah tanggal 14 Agustus 2024, tidak memperoleh pengembalian biaya pendaftaran ulang.
- Pengunduran diri mahasiswa baru mengikuti prosedur berikut:
- Pendaftar mengisi formulir pengunduran diri dan persetujuan orang tua secara daring melalui sistem PMB.
- Pendaftar mencetak formulir pengunduran diri dan persetujuan orang tua yang telah diisi untuk selanjutnya ditandatangani.
- Formulir pengunduran diri dan persetujuan orang tua serta bukti pembayaran (slip) dari bank diserahkan kepada petugas pendaftaran.
- Jika memenuhi ketentuan, Pendaftar dapat meminta pengembalian biaya pendaftaran ulang yang telah dibayarkan sesuai ketentuan.
- Pendaftar yang telah mengundurkan diri, tidak diizinkan untuk melakukan pendaftaran PMB pada tahun akademik yang sama.
Biaya hidup di Jepara tergolong murah, tentu semuanya tergantung pada gaya hidup masing-masing.
Saat ini UNISNU JEPARA telah menyediakan pondok pesantren Ats-Surayya yang diperuntukkan bagi santri laki-laki dengan biaya Rp. 150.000 per bulan.
Ada beberapa pesantren di sekitar kampus dan banyak tempat kos dengan harga sewa yang variatif. Harga sewa kos di sekitar UNISNU JEPARA berkisar Rp 250.000 s.d. 800.000.