FAQ

   Program Pascasarjana (S.2)  

1. Manajemen Pendidikan Islam [Terakreditasi B]


   Fakultas Syari'ah dan Hukum   

1. Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) [Terakreditasi B]

2. Perbankan Syariah [Terakreditasi B]


   Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan   

1. Pendidikan Agama Islam [Terakreditasi A]

2. Pendidikan Bahasa Inggris [Terakreditasi B]

3. Pendidikan Guru SD [Terakreditasi Baik]

4. Pendidikan Guru PAUD [Terakreditasi Baik]


   Fakultas Dakwah dan Komunikasi   

Komunikasi dan Penyiaran Islam [Terakreditasi B]


   Fakultas Ekonomi dan Bisnis   

1. Manajemen [Terakreditasi B]

2. Akuntansi [Terakreditasi B]

3. Ekonomi Islam [Terakreditasi B]


   Fakultas Sains dan Teknologi   

1. Desain Produk [Terakreditasi B]

2. Teknik Industri [Terakreditasi C]

3. Teknik Informatika [Terakreditasi B]

4. Teknik Sipil [Terakreditasi B]

5. Teknik Elektro [Terakreditasi B]

6. Desain Komunikasi Visual [Terakreditasi B]

7. Sistem Informasi [Terakreditasi B]

8. Budidaya Perairan [Terakreditasi C]



Pendaftaran mahasiswa baru UNISNU JEPARA TA. 2022/2023 dilaksanakan dalam tiga gelombang:

  • Gelombang Merdeka : 22 November s.d. 31 Desember 2021
  • Gelombang I : 3 Januari 2022 s.d. 30 Juni 2022
  • Gelombang II : 1 Juli 2022 s.d. 18 Agustus 2022

  1. Memiliki akun email dan nomor HP yang aktif untuk menerima notifikasi pendaftaran.
  2. Fotokopi ijazah SMA/MA/SMK/Paket C dilegalisasi 2 lembar (dapat disusulkan jika ijazah belum keluar)
  3. Asli Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga (dibawa untuk discan di tempat pendaftaran, jika pendaftarannya online, dapat di scan atau di foto sendiri lalu di unggah saat pendaftaran)
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100.000 untuk kelas Reguler, atau Rp150.000 untuk kelas Karyawan.
  5. Surat keterangan sudah bekerja jika mendaftar pada kelas Karyawan.

Selain syarat-syarat di atas, Pendaftar juga harus menyiapkan dokumen tambahan sesuai dengan jalur pendaftaran yang dipilih.

Siswa kelas XII atau tahun terakhir SMA/MA/SMK/Paket C yang akan lulus pada Tahun Pelajaran 2021/2022, diperbolehkan melakukan pendaftaran mahasiswa baru. Adapun ijazah yang menjadi syarat pendaftaran dapat diganti dengan fotokopi rapor kelas XII semester gasal terlebih dahulu. Ijazah dapat disusulkan jika sudah diterbitkan oleh pihak sekolah/madrasah.

Bisa menggunakan surat keterangan lulus dari sekolah/madrasah dengan mencantumkan nilai ujian yang menjadi dasar kelulusan.

Prosedur pendaftaran PMB yang dilakukan secara online/daring adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir pembuatan akun secara daring di laman Sistem Informasi PMB [https://sipmb.unisnu.ac.id/registrasi] secara lengkap dan benar.
  2. Membayar biaya pendaftaran melalui Bank Jateng atau BNI terdekat.
  3. Melengkapi data diri pada Sistem Informasi PMB [https://sipmb.unisnu.ac.id/login] dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan.
  4. Mengunggah dokumen digital yang disyaratkan, sesuai jalur pendaftaran dan kelas perkuliahan.
  5. Mengerjakan tes masuk, kecuali bagi Pendaftar pada Jalur Nilai Rapor dan Jalur Prestasi Kejuaraan.
  6. Melakukan pendaftaran ulang.
Daftar Sekarang

Prosedur pendaftaran PMB yang dilakukan dengan cara datang ke tempat pendaftaran secara luring adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftar datang secara langsung di tempat pendaftaran mahasiswa baru Unisnu Jepara
  2. Mengisi formulir pembuatan akun di laman Sistem Informasi PMB secara lengkap dan benar dengan menggunakan perangkat komputer yang disediakan.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui bank yang telah ditentukan. Unisnu Jepara menyediakan layanan payment point Bank Jateng dan BNI di dalam kompleks kampus untuk pembayaran.
  4. Melengkapi data diri pada Sistem Informasi PMB dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan.
  5. Menyerahkan dokumen yang disyaratkan, sesuai jalur pendaftaran dan kelas perkuliahan.
  6. Mengerjakan tes masuk, kecuali bagi Pendaftar pada Jalur Nilai Rapor dan Jalur Prestasi Kejuaraan.
  7. Melakukan pendaftaran ulang.

Ketentuan layanan pendaftaran di kampus Unisnu Jepara adalah sebagai berikut:

  • Tempat : lantai dasar gedung Pascasarjana, depan masjid kampus Unisnu Jepara, Jl. Taman Siswa No. 09 Tahunan Jepara
  • Hari : Senin s.d. Sabtu (tutup pada hari Ahad/libur nasional/cuti bersama)
  • Waktu : pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB.


Jika pendaftaran dan daftar ulang dilakukan di kampus, silakan memanfaatkan layanan payment point Bank Jateng dan BNI yang ada di dalam kompleks kampus untuk pembayaran. Pembayaran juga dapat dilakukan tanpa harus ke kampus, cukup dilakukan di Bank Jateng atau BNI terdekat dari rumah, melalui berbagai macam fasilitas layanan pembayaran yang ada, seperti layanan teller, ATM, mobile banking, internet banking, agen BNI 46, dan lainnya.

Transaksi pembayaran pendaftaran dan daftar ulang dilakukan dengan sistem host to host, sehingga pembayaran tidak dilakukan melalui mekanisme transfer ke rekening tertentu.

Pembayaran dilakukan melalui ID Billing/Virtual Account yang dapat dilihat pada Sistem Informasi PMB [https://sipmb.unisnu.ac.id]

Bank Jateng            BNI

Pendaftar pada selain Jalur Rapor dan Jalur Prestasi kejuaraan wajib mengikuti tes masuk. Tes masuk dilaksanakan berbasis komputer (Computer Based Test).

Materi tes masuk terdiri atas:

  1. bahasa Indonesia;
  2. bahasa Inggris;
  3. ke-NU-an;
  4. matematika dasar; dan
  5. materi muatan sesuai program studi yang dituju Pendaftar.

Batas minimal nilai tes masuk agar Pendaftar dinyatakan lulus atau diterima sebagai mahasiswa Unisnu Jepara adalah 200 (dua ratus), dari skala nilai 0 (nol) sampai dengan 600 (enam ratus).

Pendaftar Program Studi Akuntansi, Manajemen, atau Ekonomi Islam pada Jalur Umum, dapat menerima Beasiswa Nilai Tes Masuk berupa pemotongan biaya pendaftaran ulang yang besarannya didasarkan pada nilai tes masuk.

Setelah Pendaftar selesai mengerjakan Tes Masuk, maka akan langsung disajikan hasilnya.

Jika hasil Tes Masuk belum disajikan atau masih bingung langkah selanjutnya, silakan hubungi tim admisi melalui WhatsApp dengan klik banner di bawah ini:

   HUBUNGI ADMIN VIA WHATSAPP  


Pendaftar melakukan pendaftaran ulang setelah dinyatakan lulus tes masuk atau telah menyelesaikan tahap pendaftaran bagi Pendaftar pada Jalur Rapor dan Jalur Prestasi Kejuaraan.

Pendaftar melakukan pendaftaran ulang dengan cara membayar sejumlah biaya studi. Rincian biaya pendaftaran ulang dapat dilihat pada tautan di bawah ini.

    LIHAT RINCIAN BIAYA STUDI    

Waktu pendaftaran ulang dibagi menjadi 3 (tiga) gelombang sebagai berikut:

  1. Gelombang Merdeka : tanggal 22 November 2021 s.d. 31 Desember 2021.
  2. Gelombang I    : tanggal 3 Januari 2022 s.d. 30 Juni 2022.
  3. Gelombang II    : tanggal 1 Juli 2022 s.d. 18 Agustus 2022.

Pembayaran biaya studi dilakukan melalui Bank Jateng atau BNI.

Jika pembayaran dilakukan di kampus, silakan memanfaatkan layanan payment point Bank Jateng dan BNI yang ada di dalam kompleks kampus untuk pembayaran.

Pembayaran juga dapat dilakukan tanpa harus ke kampus, cukup dilakukan di Bank Jateng atau BNI terdekat dari rumah, melalui berbagai macam fasilitas layanan pembayaran yang ada, seperti layanan teller, ATM, mobile banking, internet banking, agen BNI 46, dan lainnya.

Transaksi pembayaran pendaftaran dan daftar ulang dilakukan dengan sistem host to host, sehingga pembayaran tidak dilakukan melalui mekanisme transfer ke rekening tertentu.

Pembayaran dilakukan melalui ID Billing/Virtual Account yang dapat dilihat pada Sistem Informasi PMB [https://sipmb.unisnu.ac.id]

Pendaftar yang telah melakukan pendaftaran ulang dinyatakan telah diterima sebagai mahasiswa baru.

Bank Jateng  BNI

Biaya studi untuk setiap program studi memiliki nilai yang beragam, informasi detail biaya studi untuk setiap program studi dan kelas perkuliahan dapat diakses melalui tombol di bawah ini:

    LIHAT RINCIAN BIAYA STUDI    

UNISNU JEPARA menyediakan beasiswa pendaftaran dan beasiswa kuliah.

Beasiswa pendaftaran dapat diperoleh melalui beberapa jalur pendaftaran yang disediakan, seperti Jalur Nilai Rapor, Jalur Prestasi Kejuaraan, Jalur Tahfidz, Jalur Anak Yatim dan Dhuafa', Jalur Bersaudara Kandung, dan Jalur Kader Nahdlatul Ulama Jepara, Jalur Rekomenadasi YAPTINU JEPARA, dan Jalur Anak Pegawai UNISNU JEPARA.

Setiap tahun, UNISNU JEPARA dipercaya menyalurkan bantuan KIP Kuliah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah bisa dilakukan melalui kip-kuliah.kemdikbud.go.id, lalu pilih kampus UNISNU JEPARA sebagai perguruan tinggi pilihan.

UNISNU JEPARA membuka sembilan Jalur PMB, yaitu:

  1. Jalur Nilai Rapor
  2. Jalur Prestasi Kejuaraan
  3. Jalur Tahfidz
  4. Jalur Anak Yatim dan Dhuafa’
  5. Jalur Bersaudara Kandung
  6. Jalur Kader Nahdlatul Ulama Jepara
  7. Jalur Rekomendasi YAPTINU JEPARA
  8. Jalur Anak Kandung Pegawai UNISNU JEPARA
  9. Jalur Umum

Informasi lengkap untuk setiap jalur di atas dapat dilihat melalui tombol di bawah ini:

  LIHAT JALUR PENDAFTARAN  

UNISNU JEPARA membuka Kelas Karyawan yang dapat dipilih oleh Pendaftar yang sudah bekerja, dan karena pekerjaan tersebut yang bersangkutan tidak dapat mengikuti perkuliahan setiap hari.

UNISNU JEPARA menerima mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain.

Pendaftar dengan status awal pindahan wajib memenuhi syarat berikut:

  1. berasal dari perguruan tinggi dalam negeri dengan status akreditasi perguruan tinggi minimal B, jika berasal dari perguruan tinggi luar negeri maka harus mendapat izin dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, atau Kementerian Agama;
  2. berasal dari program studi dengan peringkat akreditasi program studi minimal sama dengan Program Studi tujuan di UNISNU JEPARA;
  3. Pendaftar telah terdaftar sebagai mahasiswa pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek di perguruan tinggi asal;
  4. tidak dalam status dikeluarkan dari perguruan tinggi asal, baik karena drop out, sanksi, atau sebab lainya;
  5. telah mendapatkan surat izin pindah dan transkrip akademik dari perguruan tinggi asal; dan
  6. telah mendapatkan persetujuan dan hasil konversi transkrip akademik dari Program Studi tujuan di UNISNU JEPARA.

Pendaftaran pindahan mengikuti prosedur berikut:

  1. Pendaftar menghadap Ketua Program Studi yang akan dituju untuk mendapatkan persetujuan tertulis dan mengajukan konversi transkrip akademik.
  2. Pendaftar melakukan pendaftaran PMB secara langsung di tempat pendaftaran.
  3. Mengisi formulir pembuatan akun di laman Sistem Informasi PMB secara lengkap dan benar dengan menggunakan perangkat komputer yang disediakan.
  4. Membayar biaya pendaftaran sebagaimana dimaksud pada Pasal 8 melalui bank yang telah ditentukan.
  5. Melengkapi data diri pada Sistem Informasi PMB dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan.
  6. Menyerahkan dokumen yang disyaratkan sebagaimana tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan ini.
  7. Melakukan pendaftaran ulang.
  8. Petugas pendaftaran mengirimkan berkas konversi transkrip akademik ke Bagian Akademik dan Pengembangan Kelembagaan untuk proses lebih lanjut dan pelaporan status awal mahasiswa kepada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Pendaftar pindahan dapat mulai mengikuti perkuliahan pada semester genap tahun akademik 2021/2022 atau pada semester gasal tahun akademik 2022/2023 sepanjang belum melewati batas waktu pengisian rencana studi.

Pendaftaran alih jenjang pada program Sarjana hanya dibuka bagi lulusan Diploma 3.

Pendaftar dengan status awal alih jenjang harus memenuhi syarat berikut:

  1. berasal dari perguruan tinggi dalam negeri dengan status akreditasi perguruan tinggi minimal B;
  2. berasal dari program studi dengan peringkat akreditasi program studi minimal sama dengan Program Studi tujuan di UNISNU JEPARA;
  3. Pendaftar telah terdaftar sebagai mahasiswa pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek di perguruan tinggi asal;
  4. Program studi yang dipilih memiliki keilmuan yang linier dengan program studi pada program Diploma 3 yang pernah ditempuh;
  5. memiliki ijazah dan transkrip akademik dari perguruan tinggi asal; dan
  6. telah mendapatkan persetujuan dan hasil konversi transkrip akademik dari Program Studi tujuan di UNISNU JEPARA.

Pendaftaran alih jenjang mengikuti prosedur berikut:

  1. Pendaftar menghadap Ketua Program Studi yang akan dituju untuk mendapatkan persetujuan tertulis dan mengajukan konversi transkrip akademik.
  2. Pendaftar melakukan pendaftaran PMB secara langsung di tempat pendaftaran.
  3. Mengisi formulir pembuatan akun di laman Sistem Informasi PMB secara lengkap dan benar dengan menggunakan perangkat komputer yang disediakan.
  4. Membayar biaya pendaftaran sebagaimana dimaksud pada Pasal 8 melalui bank yang telah ditentukan.
  5. Melengkapi data diri pada Sistem Informasi PMB dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan.
  6. Menyerahkan dokumen yang disyaratkan sebagaimana tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan ini.
  7. Melakukan pendaftaran ulang.
  8. Petugas pendaftaran mengirimkan berkas konversi transkrip akademik ke Bagian Akademik dan Pengembangan Kelembagaan untuk proses lebih lanjut dan pelaporan status awal mahasiswa kepada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Pendaftar alih jenjang dapat mulai mengikuti perkuliahan pada semester genap tahun akademik 2021/2022 atau pada semester gasal tahun akademik 2022/2023 sepanjang belum melewati batas waktu pengisian rencana studi.

  • Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAMa)
  • Lab. Komputer
  • Lab. Microteaching
  • Lab. Bahasa
  • Lab. Multimedia
  • Lab. Simulasi Persidangan
  • Lab. Budidaya Perairan
  • Lab. Produksi
  • Lab. Audio
  • Lab. Biologi
  • Lab. Desain
  • Lab. Struktur
  • Lab. Konstruksi
  • Lab. Programer
  • Lab. Komputer Dasar
  • Gedung representatif
  • Studio musik
  • Galeri Investasi Syariah
  • Studio Fotografi
  • Wifi
  • Anjungan Komputer
  • Masjid
  • Studio Gambar
  • Kantin
  • Mesin CNC
  • Basecamp organisasi mahasiswa
  • Studio Radio
  • Ruang kuliah nyaman (AC, audio, LCD)
  • Perpustakaan dengan layanan jaringan One Search Perpusnas RI
  • Fasilitas olah raga (lapangan futsal, basket, bola voli, tenis meja, panjat tebing, matras, dll)
  • Klinik Kesehatan YAI Medika
  • Unit Layanan Kesehatan Primer Kampus
  • Gratis akun G Suite dengan domain @unisnu.ac.id. dengan fasilitas ini, mahasiswa dapat memanfaatkan secara unlimited berbagai fasilitas Google seperti Gmail, Classroom, GDrive, dan lain-lain.
  • Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas
  • Pramuka
  • Resimen Mahasiswa
  • KSR PMI
  • Organisasi Pengembangan Olahraga
  • Organisasi Bahasa
  • Himpunan Mahasiswa Program Studi
  • Lembaga Pers Mahasiswa
  • Pecinta Alam
  • Seni Musik, Seni Teater, Paduan Suara
  • Organisasi Keagamaan
  • Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)
Tanggal Kegiatan
29 Agustus s.d. 2 September 2022 Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Kelas Reguler
3 s.d. 4 September 2022 Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Kelas Karyawan
8 & 9 September 2022 Temu Wali/Orangtua Mahasiswa Baru Kelas Reguler
10 September 2022 Kuliah Perdana Mahasiswa Baru TA. 2022/2023
11 September 2022 Temu Wali/Orangtua Mahasiswa Baru Kelas Karyawan
  • Pendaftar yang telah diterima sebagai mahasiswa baru dan mengundurkan diri paling lambat tanggal 20 Agustus 2022, memperoleh pengembalian biaya pendaftaran ulang dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Jika Pendaftar mengundurkan diri karena telah diterima sebagai mahasiswa baru pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka memperoleh pengembalian biaya pendaftaran ulang yang telah dibayarkan setelah dikurangi 10% (sepuluh persen)-nya sebagai biaya administrasi.
  2. Jika Pendaftar mengundurkan diri karena sebab selain diterima sebagai mahasiswa baru pada PTN, maka memperoleh pengembalian biaya pendaftaran ulang yang telah dibayarkan setelah dikurangi 20% (dua puluh persen)-nya sebagai biaya administrasi.
  • Pendaftar yang telah diterima sebagai mahasiswa baru dan mengundurkan diri setelah tanggal 20 Agustus 2022, tidak memperoleh pengembalian biaya pendaftaran ulang.
  • Pengunduran diri mahasiswa baru mengikuti prosedur berikut:
  1. Pendaftar mengisi formulir pengunduran diri dan persetujuan orang tua secara daring melalui sistem PMB.
  2. Pendaftar mencetak formulir pengunduran diri dan persetujuan orang tua yang telah diisi untuk selanjutnya ditandatangani.
  3. Formulir pengunduran diri dan persetujuan orang tua serta bukti pembayaran (slip) dari bank diserahkan kepada petugas pendaftaran.
  4. Jika memenuhi ketentuan, Pendaftar dapat meminta pengembalian biaya pendaftaran ulang yang telah dibayarkan sesuai ketentuan.
  • Pendaftar yang telah mengundurkan diri, tidak diizinkan untuk melakukan pendaftaran PMB pada tahun akademik yang sama.

Biaya hidup di Jepara tergolong murah, tentu semuanya tergantung pada gaya hidup masing-masing.

Saat ini UNISNU JEPARA sedang dibangun pondok pesantren mahasiswa.

Ada beberapa pesantren di sekitar kampus dan banyak tempat kos dengan harga sewa yang variatif. Harga sewa kos di sekitar UNISNU JEPARA berkisar Rp 250.000 s.d. 800.000.