FAQ

   Program Pascasarjana (S.2)  

1. Manajemen Pendidikan Islam [Terakreditasi B]


   Fakultas Syari'ah dan Hukum   

1. Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) [Terakreditasi B]

2. Perbankan Syariah [Terakreditasi B]


   Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan   

1. Pendidikan Agama Islam [Terakreditasi A]

2. Pendidikan Bahasa Inggris [Terakreditasi B]

3. Pendidikan Guru SD [Terakreditasi]

4. Pendidikan Guru PAUD [Terakreditasi]


   Fakultas Dakwah dan Komunikasi   

Komunikasi dan Penyiaran Islam [Terakreditasi B]


   Fakultas Ekonomi dan Bisnis   

1. Manajemen [Terakreditasi B]

2. Akuntansi [Terakreditasi B]

3. Ekonomi Islam [Terakreditasi B]


   Fakultas Sains dan Teknologi   

1. Desain Produk [Terakreditasi B]

2. Teknik Industri [Terakreditasi C]

3. Teknik Informatika [Terakreditasi B]

4. Teknik Sipil [Terakreditasi B]

5. Teknik Elektro [Terakreditasi B]

6. Desain Komunikasi Visual [Terakreditasi B]

7. Sistem Informasi [Terakreditasi B]

8. Budidaya Perairan [Terakreditasi C]



Pendaftaran mahasiswa baru dilaksanakan dalam dua gelombang:

  • Gelombang I : 11 Januari 2021 s.d. 30 Juni 2021
  • Gelombang II : 1 Juli 2021 s.d. 25 Agustus 2021

  1. Memiliki akun email dan nomor HP yang aktif untuk menerima notifikasi pendaftaran.
  2. Fotokopi ijazah SMA/MA/SMK/Paket C dilegalisasi 2 lembar (dapat disusulkan jika ijazah belum keluar)
  3. Asli Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga (dibawa untuk discan di tempat pendaftaran, jika pendaftarannya online, dapat di scan atau di foto sendiri lalu di unggah saat pendaftaran)
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100.000 untuk kelas Reguler 1, atau Rp150.000 untuk kelas Reguler 2.
  5. Surat keterangan sudah bekerja jika mendaftar pada kelas Reguler 2.

Selain syarat-syarat di atas, Pendaftar juga harus menyiapkan dokumen tambahan sesuai dengan jalur pendaftaran yang dipilih.

Siswa kelas XII atau tahun terakhir SMA/MA/SMK/Paket C yang akan lulus pada Tahun Pelajaran 2020/2021, diperbolehkan melakukan pendaftaran mahasiswa baru. Adapun ijazah yang menjadi syarat pendaftaran dapat diganti dengan fotokopi rapor kelas XII semester gasal terlebih dahulu. Ijazah dapat disusulkan jika sudah diterbitkan oleh pihak sekolah/madrasah.

Bisa menggunakan surat keterangan lulus dari sekolah/madrasah dengan mencantumkan nilai ujian yang menjadi dasar kelulusan.

Prosedur pendaftaran PMB yang dilakukan secara online/daring adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir pembuatan akun secara daring di laman Sistem Informasi PMB [https://sipmb.unisnu.ac.id/registrasi] secara lengkap dan benar.
  2. Membayar biaya pendaftaran melalui Bank Jateng atau BNI terdekat.
  3. Melengkapi data diri pada Sistem Informasi PMB [https://sipmb.unisnu.ac.id/login] dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan.
  4. Mengunggah dokumen digital yang disyaratkan, sesuai jalur pendaftaran dan kelas perkuliahan.
  5. Mengerjakan tes masuk, kecuali bagi Pendaftar pada Jalur Nilai Rapor dan Jalur Prestasi Kejuaraan.
  6. Melakukan pendaftaran ulang.
Daftar Sekarang

Prosedur pendaftaran PMB yang dilakukan dengan cara datang ke tempat pendaftaran secara luring adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftar datang secara langsung di tempat pendaftaran mahasiswa baru Unisnu Jepara
  2. Mengisi formulir pembuatan akun di laman Sistem Informasi PMB secara lengkap dan benar dengan menggunakan perangkat komputer yang disediakan.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui bank yang telah ditentukan. Unisnu Jepara menyediakan layanan payment point Bank Jateng dan BNI di dalam kompleks kampus untuk pembayaran.
  4. Melengkapi data diri pada Sistem Informasi PMB dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan.
  5. Menyerahkan dokumen yang disyaratkan, sesuai jalur pendaftaran dan kelas perkuliahan.
  6. Mengerjakan tes masuk, kecuali bagi Pendaftar pada Jalur Nilai Rapor dan Jalur Prestasi Kejuaraan.
  7. Melakukan pendaftaran ulang.

Ketentuan layanan pendaftaran di kampus Unisnu Jepara adalah sebagai berikut:

  • Tempat : lantai dasar gedung Pascasarjana, depan masjid kampus Unisnu Jepara, Jl. Taman Siswa No. 09 Tahunan Jepara
  • Hari : Senin s.d. Sabtu (tutup pada hari Ahad/libur nasional/cuti bersama)
  • Waktu : pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB.


Jika pendaftaran dan daftar ulang dilakukan di kampus, silakan memanfaatkan layanan payment point Bank Jateng dan BNI yang ada di dalam kompleks kampus untuk pembayaran. Pembayaran juga dapat dilakukan tanpa harus ke kampus, cukup dilakukan di Bank Jateng atau BNI terdekat dari rumah, melalui berbagai macam fasilitas layanan pembayaran yang ada, seperti layanan teller, ATM, mobile banking, internet banking, agen BNI 46, dan lainnya.

Transaksi pembayaran pendaftaran dan daftar ulang dilakukan dengan sistem host to host, sehingga pembayaran tidak dilakukan melalui mekanisme transfer ke rekening tertentu.

Pembayaran dilakukan melalui ID Billing/Virtual Account yang dapat dilihat pada Sistem Informasi PMB [https://sipmb.unisnu.ac.id]

Bank Jateng            BNI

Pendaftar pada selain Jalur Rapor dan Jalur Prestasi kejuaraan wajib mengikuti tes masuk. Tes masuk dilaksanakan berbasis komputer (Computer Based Test).

Materi tes masuk terdiri atas:

  1. bahasa Indonesia;
  2. bahasa Inggris;
  3. ke-NU-an;
  4. matematika dasar; dan
  5. materi muatan sesuai program studi yang dituju Pendaftar.

Batas minimal nilai tes masuk agar Pendaftar dinyatakan lulus atau diterima sebagai mahasiswa Unisnu Jepara adalah 200 (dua ratus), dari skala nilai 0 (nol) sampai dengan 600 (enam ratus).

Pendaftar Program Studi Akuntansi, Manajemen, atau Ekonomi Islam pada Jalur Umum, dapat menerima Beasiswa Nilai Tes Masuk berupa pemotongan biaya pendaftaran ulang yang besarannya didasarkan pada nilai tes masuk.

Setelah Pendaftar selesai mengerjakan Tes Masuk, maka akan langsung disajikan hasilnya.

Jika hasil Tes Masuk belum disajikan atau masih bingung langkah selanjutnya, silakan hubungi tim admisi melalui WhatsApp atau Telegram di nomor 081339689288, atau langsung klik banner di bawah ini:

   HUBUNGI ADMIN VIA WHATSAPP  

   HUBUNGI ADMIN VIA TELEGRAM   


Pendaftar melakukan pendaftaran ulang setelah dinyatakan lulus tes masuk atau telah menyelesaikan tahap pendaftaran bagi Pendaftar pada Jalur Rapor dan Jalur Prestasi Kejuaraan.

Pendaftar melakukan pendaftaran ulang dengan cara membayar sejumlah biaya studi. Rincian biaya pendaftaran ulang dapat dilihat pada tautan di bawah ini.

    LIHAT RINCIAN BIAYA STUDI    

Waktu pendaftaran ulang dibagi menjadi 2 (dua) gelombang sebagai berikut:

  1. Gelombang I    : tanggal 4 Januari 2021 s.d. 30 Juni 2021;
  2. Gelombang II    : tanggal 1 Juli 2021 s.d. 25 Agustus 2021.

Pembayaran biaya studi dilakukan melalui Bank Jateng atau BNI.

Jika pembayaran dilakukan di kampus, silakan memanfaatkan layanan payment point Bank Jateng dan BNI yang ada di dalam kompleks kampus untuk pembayaran.

Pembayaran juga dapat dilakukan tanpa harus ke kampus, cukup dilakukan di Bank Jateng atau BNI terdekat dari rumah, melalui berbagai macam fasilitas layanan pembayaran yang ada, seperti layanan teller, ATM, mobile banking, internet banking, agen BNI 46, dan lainnya.

Transaksi pembayaran pendaftaran dan daftar ulang dilakukan dengan sistem host to host, sehingga pembayaran tidak dilakukan melalui mekanisme transfer ke rekening tertentu.

Pembayaran dilakukan melalui ID Billing/Virtual Account yang dapat dilihat pada Sistem Informasi PMB [https://sipmb.unisnu.ac.id]

Pendaftar yang telah melakukan pendaftaran ulang dinyatakan telah diterima sebagai mahasiswa baru.

Bank Jateng  BNI

Biaya studi mahasiswa terdiri dari biaya pendaftaran ulang PMB, muawanah kesehatan, dan biaya UKT.

Biaya PMB terdiri dari biaya kegiatan awal, praktikum, dan SPI, hanya dibayarkan saat pendaftaran mahasiswa baru, sedangkan biaya muawanah kesehatan dan UKT dibayarkan setiap semester (semester 1 s.d. 8).

Biaya PMB dapat dibayarkan secara bertahap sesuai dengan urutan tagihan yang ada di tabel.

Biaya UKT dibayarkan secara bertahap, pada Semester 1 dibayarkan dalam dua termin, yakni 50% sebelum UTS dan sisanya 50% sebelum UAS. Pada semester 2 s.d. 8, UKT dibayarkan dalam tiga termin, yakni termin pertama di awal setiap semester, termin kedua sebelum UTS, dan termin ketiga sebelum UAS.

Rincian biaya studi mahasiswa baru TA. 2021/2022 dapat dilihat melalui tombol di bawah ini:

    LIHAT RINCIAN BIAYA STUDI    

Unisnu Jepara menyediakan beasiswa pendaftaran dan beasiswa kuliah.

Beasiswa pendaftaran dapat diperoleh melalui beberapa jalur pendaftaran yang disediakan, seperti Jalur Nilai Rapor, Jalur Prestasi Kejuaraan, Jalur Tahfidz, Jalur Anak Yatim, Jalur Bersaudara Kandung, dan Jalur Rekomendasi PCNU Jepara.

Setiap tahun, Unisnu Jepara dipercaya menyalurkan bantuan KIP Kuliah (dulu BIDIKMISI) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Serta dari Kementerian Agama. Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah bisa dilakukan melalui kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau kip-kuliah.kemenag.go.id. Lalu pilih kampus UNISNU JEPARA sebagai perguruan tinggi pilihan.

UNISNU JEPARA membuka banyak Jalur PMB, seperti Jalur Nilai Rapor, Jalur Prestasi Kejuaraan, Jalur Tahfidz, Jalur Anak Yatim, Jalur Bersaudara Kandung, Jalur Rekomendasi PCNU Jepara, dan Jalur Umum.


Informasi lengkap untuk setiap jalur di atas dapat dilihat melalui tombol di bawah ini:

  LIHAT JALUR PENDAFTARAN  

Unisnu Jepara membuka Kelas Reguler 2 yang dapat dipilih bagi mahasiswa yang sudah bekerja, dan karena pekerjaan tersebut, yang bersangkutan tidak dapat mengikuti perkuliahan setiap hari.

Unisnu Jepara menerima mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain. Pendaftar dengan status awal pindahan wajib memenuhi syarat berikut:

  1. berasal dari perguruan tinggi dalam negeri dengan status akreditasi perguruan tinggi minimal B, jika berasal dari perguruan tinggi luar negeri maka harus mendapat izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kementerian Agama sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  2. berasal dari program studi dengan peringkat akreditasi program studi minimal sama dengan Program Studi tujuan di Unisnu Jepara;
  3. Pendaftar telah terdaftar sebagai mahasiswa pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi di perguruan tinggi asal;
  4. tidak dalam status dikeluarkan dari perguruan tinggi asal, baik karena drop out, sanksi, atau sebab lainya;
  5. telah mendapatkan surat izin pindah dan transkrip akademik dari perguruan tinggi asal; dan
  6. telah mendapatkan persetujuan dan hasil konversi transkrip akademik dari Program Studi tujuan di Unisnu Jepara.

Pendaftaran pindahan mengikuti prosedur berikut:

  1. Pendaftar menghadap Ketua Program Studi yang akan dituju untuk mendapatkan persetujuan tertulis dan mengajukan konversi transkrip akademik.
  2. Pendaftar melakukan pendaftaran PMB secara langsung di tempat pendaftaran mahasiswa baru.
  3. Mengisi formulir pembuatan akun di laman Sistem Informasi PMB secara lengkap dan benar dengan menggunakan perangkat komputer yang disediakan.
  4. Membayar biaya pendaftaran.
  5. Melengkapi data diri pada Sistem Informasi PMB dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan.
  6. Menyerahkan dokumen yang disyaratkan, yaitu:
  7. Melakukan pendaftaran ulang.
  8. Panitia mengirimkan berkas konversi transkrip akademik ke Bagian Akademik dan Pengembangan Kelembagaan untuk proses lebih lanjut dan pelaporan status awal mahasiswa kepada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Dokumen pendaftaran mahasiswa pindahan:

  1. Fotokopi ijazah SMA/MA/SMK/ Paket C/sederajat yang dilegalisisasi kepala satuan pendidikan (2 lembar)
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (1 lembar)
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (1 lembar)
  4. Fotokopi sertifikat atau cetak tangkapan layar direktori status akreditasi perguruan tinggi asal dari BAN PT.
  5. Fotokopi sertifikat atau cetak tangkapan layar direktori status akreditasi program studi asal dari BAN PT.
  6. Cetak tangkapan layar status mahasiwa pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.
  7. Asli surat izin pindah dari perguruan tinggi asal.
  8. Fotokopi transkrip akademik dari perguruan tinggi asal.
  9. Asli surat persetujuan dan hasil konversi transkrip akademik dari Program Studi tujuan di Unisnu Jepara.
  10. Asli Surat keterangan sudah bekerja yang dikeluarkan pimpinan perusahaan/instansi/lembaga tempat Pendaftar bekerja (khusus bagi Pendaftar Kelas Reguler 2).

Pendaftar pindahan dapat mulai mengikuti perkuliahan pada semester genap tahun akademik 2020/2021 atau pada semester gasal tahun akademik 2021/2020 sepanjang belum melewati batas waktu pengisian rencana studi.

Pendaftaran alih jenjang/lintas jalur pada program Sarjana hanya dibuka bagi lulusan Diploma 3 dan harus memenuhi syarat berikut:

  1. berasal dari perguruan tinggi dalam negeri dengan status akreditasi perguruan tinggi minimal B;
  2. berasal dari program studi dengan peringkat akreditasi program studi minimal sama dengan Program Studi tujuan di Unisnu Jepara;
  3. Pendaftar telah terdaftar sebagai mahasiswa pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi di perguruan tinggi asal;
  4. Program studi yang dipilih memiliki keilmuan yang linier dengan program studi pada program Diploma 3 yang pernah ditempuh;
  5. memiliki ijazah dan transkrip akademik dari perguruan tinggi asal; dan
  6. telah mendapatkan persetujuan dan hasil konversi transkrip akademik dari Program Studi tujuan di Unisnu Jepara.

Pendaftaran alih jenjang mengikuti prosedur berikut:

  1. Pendaftar menghadap Ketua Program Studi yang akan dituju untuk mendapatkan persetujuan tertulis dan mengajukan konversi transkrip akademik.
  2. Pendaftar melakukan pendaftaran PMB secara langsung di tempat pendaftaran.
  3. Mengisi formulir pembuatan akun di laman Sistem Informasi PMB secara lengkap dan benar dengan menggunakan perangkat komputer yang disediakan.
  4. Membayar biaya pendaftaran.
  5. Melengkapi data diri pada Sistem Informasi PMB dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan.
  6. Menyerahkan dokumen yang disyaratkan
  7. Melakukan pendaftaran ulang.
  8. Panitia mengirimkan berkas konversi transkrip akademik ke Bagian Akademik dan Pengembangan Kelembagaan untuk proses lebih lanjut dan pelaporan status awal mahasiswa kepada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Pendaftar alih jenjang dapat mulai mengikuti perkuliahan pada semester genap tahun akademik 2020/2021 atau pada semester gasal tahun akademik 2021/2020 sepanjang belum melewati batas waktu pengisian rencana studi.

  • Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAMa)
  • Lab. Komputer
  • Lab. Microteaching
  • Lab. Bahasa
  • Lab. Multimedia
  • Lab. Simulasi Persidangan
  • Lab. Budidaya Perairan
  • Lab. Produksi
  • Lab. Audio
  • Lab. Biologi
  • Lab. Desain
  • Lab. Struktur
  • Lab. Konstruksi
  • Lab. Programer
  • Lab. Komputer Dasar
  • Gedung representatif
  • Studio musik
  • Galeri Investasi Syariah
  • Studio Fotografi
  • Wifi
  • Anjungan Komputer
  • Masjid
  • Studio Gambar
  • Kantin
  • Mesin CNC
  • Basecamp organisasi mahasiswa
  • Studio Radio
  • Ruang kuliah nyaman (AC, audio, LCD)
  • Perpustakaan dengan layanan jaringan One Search Perpusnas RI
  • Fasilitas olah raga (lapangan futsal, basket, bola voli, tenis meja, panjat tebing, matras, dll)
  • Klinik Kesehatan YAI Medika
  • Unit Layanan Kesehatan Primer Kampus
  • Gratis akun G Suite dengan domain @unisnu.ac.id. dengan fasilitas ini, mahasiswa dapat memanfaatkan secara unlimited berbagai fasilitas Google seperti Gmail, Classroom, GDrive, dan lain-lain.
  • Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas
  • Pramuka
  • Resimen Mahasiswa
  • KSR PMI
  • Organisasi Pengembangan Olahraga
  • Organisasi Bahasa
  • Himpunan Mahasiswa Program Studi
  • Lembaga Pers Mahasiswa
  • Pecinta Alam
  • Seni Musik, Seni Teater, Paduan Suara
  • Organisasi Keagamaan
  • Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)

Tanggal

Kegiatan

30 Agustus 2021 s.d. 3 September 2021

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

6 s.d. 9 September 2021

Matrikulasi

10 s.d. 12 September 2021

Pertemuan Wali Mahasiswa

20 September 2021

Awal Perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022

Pendaftar yang telah diterima sebagai mahasiswa baru dan mengundurkan diri paling lambat tanggal 26 Agustus 2021, memperoleh pengembalian biaya pendaftaran ulang dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Jika Pendaftar mengundurkan diri karena telah diterima sebagai mahasiswa baru pada Perguruan Tinggi Negeri, maka memperoleh pengembalian biaya pendaftaran ulang yang telah dibayarkan setelah dikurangi 10% (sepuluh persen)-nya sebagai biaya administrasi.
  2. Jika Pendaftar mengundurkan diri karena sebab selain yang dimaksud pada ayat (1) huruf a, maka memperoleh pengembalian biaya pendaftaran ulang yang telah dibayarkan setelah dikurangi 20% (dua puluh persen)-nya sebagai biaya administrasi.

Pendaftar yang telah diterima sebagai mahasiswa baru dan mengundurkan diri setelah tanggal 26 Agustus 2021, tidak memperoleh pengembalian biaya pendaftaran ulang.

Pengunduran diri mahasiswa baru mengikuti prosedur berikut:

  1. Pendaftar mengisi formulir pengunduran diri dan persetujuan orang tua secara daring melalui sistem PMB.
  2. Pendaftar mencetak formulir pengunduran diri dan persetujuan orang tua yang telah diisi untuk selanjutnya ditandatangani.
  3. Formulir pengunduran diri dan persetujuan orang tua serta bukti pembayaran (slip) dari bank diserahkan kepada Panitia.

Pendaftar yang telah mengundurkan diri, tidak diizinkan untuk melakukan pendaftaran PMB pada tahun akademik yang sama.

Biaya hidup di Jepara tergolong murah, tentu semuanya tergantung pada gaya hidup masing-masing.

Saat ini UNISNU JEPARA sedang dibangun pondok pesantren mahasiswa, dan diproyeksikan September 2021 sudah mulai digunakan untuk mahasiswa baru angkatan 2021.

Ada beberapa pesantren di sekitar kampus dan banyak tempat kos dengan harga sewa yang variatif. Harga sewa kos di sekitar UNISNU JEPARA berkisar Rp 250.000 s.d. 800.000.